Sabtu, 31 Mei 2014

Basic Skin Care Edition: Hijrah!

Setahun nggak ngepost? Cincai. Bukan masalah besar. Ngaku punya beauty blog tapi isi cuma satu review produk? Nggak ngaku juga sih, gue malah tadinya lupa kalo gue punya blog ini =w=

Jadi ceritanya postingan kali ini udah berselang setahun sejak gue bikin blog ini. Mungkin untuk yang belum tahu, gue kuliah di Prancis sejak September tahun lalu, lebih tepatnya di kota pelajar di kaki pegunungan Alpen; Grenoble.

Thinking that French weather makes your skin a lot better than Jakartan weather? Hell no.

Singkat kata, sejak gue tinggal di sini, kulit gue hancur minah.

Mungkin karena perbedaan kelembaban drastis antara udara Tangerang-Jakarta yang super lembab dengan udara sini yang kering kerontang, kulit gue yang cukup sensitif langsung bereaksi. Hasil: jerawat di mana-mana. Ditambah lagi uang saku bulanan gue nggak cukup untuk beli berbagai produk perawatan yang mumpuni buat menyelamatkan kulit gue.

Awal sampe di sini, untuk pelembab gue pake Nivea Crème yang super standar, yang bisa ditemuin di segala sudut dunia mulai dari Jerman, Prancis, Arab, sampe Indonesia:


A huge mistake. Krim ini terlalu berat untuk kulit muka yang cenderung lebih sensitif, ngeblok pori-pori dan bikin kulit gue jerawatan, berminyak luar biasa, dan komedo menumpuk. Setelah sekitar sebulan pemakaian akhirnya gue memutuskan untuk berhenti dan mengganti pelembab muka gue dengan krim Mixa untuk kulit sensitif, hasil rekomendasi dari temen gue. (Berbulan-bulan setelah itu, gue baru sadar kalo Nivea Crème ini jauh lebih ampuh kalau dipakai untuk hand and body lotion, bahkan lebih ampuh dari lotion Mixa yang tadinya biasa gue pakai).

Krim Mixa ini super enteng dan bener-bener melembabkan, apalagi di musim dingin yang keringnya minta ampun. Cocok untuk hampir semua jenis kulit dan bisa diaplikasiin di badan juga. Sampe hari ini krim ini masih gue pake tiap kali ke luar rumah karena kulit gue yang tadinya kombinasi cenderung berminyak jadi cenderung kering di sini, pengecualian untuk daerah T. Yang paling parah adalah area di sekitar mulut yang bisa kering kerontang dan jadi mengelupas mengerikan. Perih, pula.

Selama musim dingin, perawatan kulit yang paling dibutuhin emang pelembab, tapi ketika matahari udah muncul lagi, jelas kalau kita butuh krim tabir surya. Kebetulan krim tabir surya yang gue pake adalah uhuk warisan uhuk dari temen gue yang udah pulang ke Indo. Produknya Garnier, mengandung SPF50 dan perlindungan dari UV A dan UV B, sekali lagi untuk kulit sensitif.


Untuk bedak, gue masih pake bedak Maybelline Color Smooth All In One yang gue bawa dari Indonesia - yang gue juga heran kenapa nggak abis-abis sampe sekarang. Tapi kalau udah habis nanti gue berencana untuk ganti ke bedak kompek dari merek Kiko (gue akan bikin postingan khusus tentang kecintaan gue pada produk-produk Kiko).

Beralih dari kulit, gue bakal ngebahas perawatan bibir. Seperti yang kita tau, di iklim kering begini, bibir kita gampang banget terpengaruh. Bibir kering nggak cuma nggak enak dilihat, tapi juga bikin sakit, apalagi kalau udah ngebelah dan berdarah saking sakitnya.

Awalnya dengan polosnya gue masih pake lip balm Maybelline Baby Lips yang gue bawa dari Indo, tapi setelah tiga minggu gue sadar bahwa lip balm ini nggak ngefek sama sekali, gue akhirnya pake tester lip balm L'Occitane yang gue dapet dari pouch gratisan L'Occitane punya bokap gue.

Jujur aja lip balm ini dewa banget. Sekali pake langsung lembab abis. Tapi sayangnya setelah tester gue yang cuma 2,5 gram habis dalam sebulan, gue nggak sanggup untuk beli lagi karena untuk sebatangnya gue harus merogoh kocek sebanyak 6 euro. Beuh. Gue akhirnya, berdasarkan saran temen-temen gue, beralih pada lipbalm Être Bien dari Parashop yang sebatangnya nggak sampe 2 euro.

Maaf nggak ada foto yang lebih oke UwU

Lip balm Être Bien ini, meski nggak seoke yang L'Occitane, cukup oke untuk ngejaga bibir dari kekeringan. Wangi vanilanya juga enak. Cuma gue kurang suka hasilnya setelah diaplikasiin karena jadi terlalu berminyak dan bibir gue kelihatan terlalu basah, ditambah lagi bikin lipstik jadi nggak terlalu nempel di kulit. Setelah lip balm ini habis, gue akhirnya beralih ke lip balm Neutrogena.

Lip balm yang ini masih gue pake sampe sekarang dan nyaris seoke yang L'Occitane. Kurangnya, efeknya nggak bertahan terlalu lama dan harus diaplikasiin ulang secara berkala. Tapi efek repairingnya itu luar biasa, bibir yang udah kering kerontang bisa selamat pake lip balm ini. Secara keseluruhan gue lebih suka pake yang ini daripada yang Être Bien.

Dari bibir kita lanjut ke perawatan umum muka, yang paling dasar: sabun cuci muka. Pertama nyampe, gue pake sabun cuci muka yang mereknya paling familiar buat gue, Nivea. Gue pake Nivea Mousse Nettoyante yang ini:

Sebenernya sih produk ini oke, cuma berhubung kulit gue yang sepertinya ditakdirkan untuk berjerawat luar biasa di sini, jerawat mulai dari yang cuma seperintil sampe yang batu tetep muncul dan bikin gue stres dan akhirnya memutuskan untuk ganti sabun cuci muka. Gue lalu ganti ke Neutrogena Skin Stress Control dengan harapan bisa mengurangi jerawat yang muncul.

Sialnya, produk ini mengandung scrub dan sejak dulu kulit gue nggak pernah cocok untuk pemakaian scrub untuk sehari-hari. Jadilah jerawat gue makin parah dan mengerikan. Pas produk ini habis, gue dikasih produk Neutrogena lain sama temen gue, yang Deep Clean Nettoyante/Masque, jenis yang nggak ada scrubnya dan bisa jadi masker ketika diaplikasiin langsung tanpa dijadiin busa.


Awalnya pakai ini jerawat gue lumayan berkurang, tapi karena gue sempet mengalami periode stres berat, jerawat gue kembali muncul. Gue akhirnya memutuskan menyerah dalam pencarian sabun cuci muka yang tepat dan memutuskan untuk kembali ke yang paling basic: Dove Beauty Cream Bar.


Produk yang juga bisa ditemuin di seluruh sudut dunia ini gue pake sejak awal Mei dan nggak bikin muka gue kerasa ketarik-tarik kayak si Neutrogena Deep Clean, nggak juga bikin kulit kering. Bener-bener cuma membersihkan. Gue pribadi sih ngerasa kalo kulit gue jadi lebih lembut setelah pakai ini.

Di samping sabun cuci muka, untuk pembersih make up gue pake produk Gemey Maybelline Démaquillant yang ampuh untuk menumpas maskara waterproof paling bandel sekalipun dan mengangkat semua sisa bedak.



Tapi berhubung gue di sini jadi sering pakai maskara biasa yang nggak waterproof, gue juga pake Mixa Eau Nettoyante Apaisante untuk ngebersihin make up sebelum cuci muka.



Untuk rambut, karena gue berhijab, sampo anti ketombe masih jadi andalan gue. Awalnya gue pake sampo abal-abal yang paling murah di Carrefour saking ngiritnya, tapi ketombe gue malah menggila. Gue akhirnya beralih ke Head and Shoulder, tapi karena bikin rambut gue kering dan rontok, akhirnya gue ganti ke sampo L'Oreal Anti Dandruff.


Meski agak mahal (4,5 euro sebotol!), seenggaknya sampo ini bikin kulit kepala gue nyaman dan rambut gue tetep se-fabulous biasanya (meski nggak ada yang lihat juga).

Yap mungkin cukup sekian untuk curcol gue tentang perawatan selama di sini. Maaf kalau kepanjangan, semoga membantu para wanita Indonesia yang akan bertarung dengan segala perbedaan iklim dari di Indo ke sini. See you on the other posts!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar